Andai-andai FOSS

Tak dapat dipungkiri, win**** telah membumi di bumi pertiwi ini. Hampir semua instansi pelayanan umum menggunakan SO ini. dan hampir semua pengguna komputer menggunakan SO ini. Memang tidak ada masalah mengenai SO apa yang digunakan oleh seseorang, itu adalah hak asasi masing-masing. Namun, alangkah menyedihkan jika “kebodohan” ini menjangkiti semua pengguna komputer, khususnya yang awam. Banyak orang mengira bahwa SO hanya ada satu di dunia ini, yaitu win****.

Pertama kali mengenal komputer orang Indonesia akan disuguhkan dengan win****, hampir semua materi TIK di semua instansi pendidikan baik formal maupun non-formal selalu menggunakan SO “tersayang” ini sebagai kurikulum TIK-nya. Mungkin itulah sebabnya orang mengira bahwa komputer=win**** dan win****=komputer. Bukankah ini naif?

Banyak orang beralasan bahwa win**** mudah dioperasikan. Memang, namun apa jadinya jika saat pertama kali seseorang mempelajari komputer yang digunakan adalah selain SO win****? Saya yakin jika kemudian orang tersebut menemukan win**** akan menganggapnya sulit. Jadi, semua hanya faktor kebiasaan dan pembiasaan.

Dalam masalah legalitas kebanyakan pengguna komputer tidak mengerti bahwa win**** yang mereka pakai belum tentu original dan dapat saja mereka dituntut karena melanggar HAKI. Atau mereka sudah tahu namun tidak ambil pusing dengan legalitas tersebut. Toh, para penegak hukum sepertinya tidak ambil pusing dengan keadaan seperti ini. Pihak vendor pun hanya memberikan keamanan pada softwarenya menggunakan sistem keamanan yang sering kali dapat dijebol para cracker.

Takutnya, jika sampai pengguna komputer terlena dan terus meningkat menggunakan software illegal dan suatu saat pihak vendor menuntut, entah berapa kerugian yang akan diderita oleh pengguna maupun negara.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai dari sekarang kita belajar dan beralih kepada SO yang free dan legal.

Bersambung (mau jumatan he..)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s