Teknologi web

Banyak orang awam beranggapan bahwa web adalah internet. Padahal secara bahasa saja sudah dapat dibedakan. Sejak melonjakknya penggunaan social media semakin banyak orang yang mengakses internet, khususnya web. Namun kebanyakan tidak mengetahui perbedaan antara web dengan internet.

Menurut bahasa Internet merupakan akronim dari “Interconnected Network” yang berarti jaringan kerja yang saling terhubung. sedangkan web berarti jaring atau net.

Perbedaan mendasar dari keduanya adalah; internet merupakan kumpulan komputer dan perangkat yang memiliki alamat unik yang tergabung menjadi sebuah jaringan global yang besar di dunia. Sedangkan web atau web site, atau situs adalah salah satu layanan atau service yang ada di dalam internet yang melayani penyampaian informasi baik berupa teks, audio maupun video.

Website terdiri dari beberapa halaman web (web page) yang terkoneksi dengan link sehingga pengunjung dapat berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lain dengan meng-klik link yang disediakan. Halaman web atau web page dibuat menggunakan satu bahasa markup yang disebut HTML (Hyper Text Markup Language). HTML distandarisasi oleh lembaga World Wide Web Consurtium (W3C). Versi HTML terbaru sampai tulisan ini dibuat adalah versi 5 yang mengedepankan semantic-nya.

Masa depan web sangat cerah dan panjang, karena semakin berkembangnya teknologi internet dan semakin tingginya animo masyarakat terhadap internet khususnya web. Karena itu perlu kita mempelajari ilmu pengembangan web. Dalam dunia web ada berbagai macam disiplin ilmu dan teknologi, seperti web design yang khusus mempelajari cara mendesign layout dan template webpage, web programming yang mempelajari cara membangun aplikasi web, SEO yang mempelajari cara optimasisai web itu sendiri dan masih banyak yang lainnya.

Sedangkan teknologi web juga bermacam-macam, mulai dari web server yang melayani permintaan informasi web, bahasa scripting yang digunakan, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak teknologi dan disiplin ilmu web, hal paling dasar yang harus dikuasai adalah bahasa markup. Karena apapun programming script yang ditulis oleh seorang developer web akan diterjemahkan menjadi  markup language oleh server engine, karena browser hanya dapat menerjemahkan markup language dan client-side scripting.

Oleh karena itu, jika kita tertarik belajar dunia web, hal yang paling awal kita pelajari adalah HTML. Karena HTML adalah markup language utama sebuah halaman web.

Pada tulisan berikutnya insya Allah penulis akan mengulas tahap demi tahap tentang HTML dan hal-hal yang berkenaan denga web design sesuai kemampuan penulis (karena saya juga masih belajar.. he..) yang saya terjemahkan dari salah satu sumber terbaik belajar web, yaitu w3scholls.com sesuai pemahaman penulis.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s